Liquid Basi atau Kadaluarsa

Liquid Basi atau Kadaluarsa, Begini Cara Mengenalinya

 

Pernahkan vapers merasa liquid yang sedang dinikmati berubah rasanya atau sudah tidak enek lagi? Ya kemungkinan liquid yang vapers sedang nikmati sudah kadaluwarsa atau basi dan saatnya dibuang.

 

Sama seperti produk olahan lainnya atau makanan, liquid juga memiliki waktu kadaluwarsanya, namun itu hanya sebuah perkiraan yang menunjukkan bahwa produk ini tidak lagi dijamin memiliki rasa dan kualitas yang sama seperti saat baru membelinya.

 

Bisanya setiap kemasan liquid mencantumkan tanggal kadaluawannya. Sebagian besar liquid memiliki tanggal kadaluwarsa yang ditetapkan selama 1 sampai 2 tahun. Namun ada juga yang menemukan rasa yang sudah berbeda atau tidak sesuai lagi padahal masa kadaluarsanya masih lama.

 

Hal itu bisa saja terjadi karena beberapa faktor. Namun bisanya penyebab yang paling sering terjadi terjadi karena penyimpanan liquid itu tidak dilakukan dengan baik dan benar.

 

Perlu vapers ketahui, komponen-komponen yang terkandung dalam e-liquid seperti nikotin, PG dan VG memiliki umur simpan masing-masing yang umum bisa tahan hingga 2 tahun jika disimpan dengan kondisi yang benar.

 

Cara penyimpanan e-liquid dengan kemasan plastik maupun kaca bermacam-macam. Namun yang pasti komponen di dalam liquid itu tidak boleh terkena sinar matahari langsung karena akan merusak kompenen yang ada di dalamnya.

 

Namun sebelum membahas soal tips penyimpanan liquid yang baik dan benar, TIGAC mau membahas soal cara mengenali liquid kadaluwasa atau basi.

 

Periksa Cairan Liquid

 

Sebelum vapers memasukkan liquid ke Pods atau MOD ada baiknya periksa dulu cairan liquidnya. Bisanya liquid memiliki komponen atau elemen yang massanya berat. Elemen itu jika dibiarkan lama akan turun ke dasar bolot liquid.

 

Jika menemukan kejadian ini vapers jangan panik dulu dan langsung menyimpulkan liquid itu basi atau kadaluwasa. Untuk mengetesnya, vapers bisa menggocok botolnya beberapa detik saja agar elemen berat yang mengendap di bawah botol bercampur kembali. Namun saat dikocok dalam waktu tertentu elemen berat itu tidak menyatu, maka bisa dipastikan liquid milik vapes sudah basi atau kadaluwarsa lalu sudah saatnya dibuang dan tentu beli yang baru.

 

Kenali Aroma liquid

 

Semua orang pasti akan memastikan makanan atau olahan yang mereka simpan masih layak atau tidak dikonsumsi dengan cara mecium aromanya. Karena hal itu adalah cara yang paling mudah dilakukan. Sama seperti makanan, e-liquid juga memiliki aroma sesuai dengan rasa atau falvor yang dicantumkan dalam kemasan produknya.

 

Jika vapers merasa tidak yakin dengan liquid yang mau dinikmati, ada baiknya dicium dulu aromanya, apakah masih sama dengan aroma pertama kali dibeli atau sudah berkurang atau bahkan sudah berubah sama sekali.

 

Kalau aromanya masih sama seperti saat baru beli maka silahkan vapres langsung saja menikmati. Tapi kalau sudah berubah atau berbeda aromanya maka ada baiknya vapers langsung saja membuangnya, jangan ragu lagi apalagi sayang kalau membuangnya, karena itu sudah dipastikan liquid sudah basi atau kadaluwarsa.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *